Minggu, 04 September 2011

Try to love my job.... ^^v




Duduk sendiri di depan laptop. Gerah...peluh tetap menitik walaupun kipas angin sudah full blast no.3. Hari ini adl hari terakhir liburan lebaran...seminggu ini sepertinya tidak terlalu berkesan tp ketimbang kembali ngantor rasanya memilih liburan tanpa kesan selama seratus hari lagi.

Mungkin awalnya saya bertanya-tanya mengapa sy begitu enggan kembali ke kantor. Yah...sepertinya bosan dengan pekerjaan yang itu-itu saja, bosan dengan suasana kantor (kebetulan sy belum tidak terlalu akrab dgn teman-teman seruangan). Setiap hari yang bisa saya lakukan hanya duduk 8 - 12 jam sehari, menatap laptop dengan alis berkerut (pekerjaan ini adl pengalaman pertama sy yg membutuhkan pembelajaran & adaptasi), bolak-balik ruangan melakukan survei dan pengukuran, keluar masuk ruang asisten bos kecil yang terus terang kurang saya sukai, merasa tidak enak dengan bos kecil jika pekerjaan kurang memuaskan dan dimarahi bos besar.


Terus terang sebulan pertama ini saya merasa tertekan dengan pekerjaannya. Melaksanakan pekerjaan kantor hanya sebagai rutinitas agar dapat memperoleh penghasilan semata. Saat jam kerja, selalu menunggu jam makan siang, jam pulang, hari libur, akhir pekan, atau tanggal gajian. Bila ini terjadi, waktu mungkin terasa lama dan enggan untuk bekerja.

Nah, searching punya searching akhirnya dapat juga nih tips.... let's cekidot :
Antusias terhadap Pekerjaan
Bila Anda tidak menyukai pekerjaan Anda, tentu tidak akan mudah bagi Anda untuk mengerjakan tugas-tugas kantor. Anda akan merasa terbebani, berat dan jenuh dengan tugas yang diberikan sehingga hasil kerja tidak maksimal. Sebaliknya, bila seseorang mengerjakan sesuatu yang disenangi tentu hal itu akan terasa menyenangkan, waktu terasa singkat, dan Anda memiliki semangat untuk mengerjakannya. Jadi, bersikaplah seolah-olah Anda menyukai dan menikmati pekerjaan Anda. Beri perhatian penuh pada apa yang sedang Anda kerjakan. Mungkin kelihatannya mustahil untuk menyukai pekerjaan Anda sekarang. Tetapi, mulai paksakan diri Anda untuk melakukan ini. Tersenyum atau berdiri dengan tegak dapat membantu untuk dapat lebih bersikap antusias. Hasilnya, Anda dapat merasakan benar-benar menyukai pekerjaan tersebut.


Lakukan yang Terbaik
Jangan melakukan pekerjaan dengan asal-asalan tetapi berikan lebih dari apa yang diperintahkan. Tetapkan prioritas pekerjaan agar pekerjaan yang penting bisa diselesaikan terlebih dahulu. Anda juga dapat memotivasi diri Anda sendiri untuk memberikan yang terbaik.


Melakukan Lebih
Bila mendapat tugas, jangan merasa puas karena melakukan apa yang diharapkan. Nilai plus dari atasan dan kepuasan bisa didapatkan bila Anda kreatif untuk lebih memperindah pekerjaan Anda.


Lihat Sisi Positif
Walau Anda merasa pekerjaan sangat menjenuhkan, tidak pernah selesai, atasan yang galak, atau rekan kerja yang menyebalkan, tetapi cobalah untuk melihat hal positifnya. Bandingkan keadaan kita dengan orang lain yang tidak seberuntung kita. Bagaimana orang-orang yang masih belum mendapat pekerjaan, orang-orang yang pekerjaan lebih berat dari kita, atau bagaimana orang yang penghasilannya tidak sebanyak kita. Cobalah mengingat bagaimana saat Anda berusaha mendapatkan pekerjaan ini


Teruslah Belajar
Tugas kantor terasa berat mungkin karena Anda belum sepenuhnya mengerti. Seorang pekeja yang merasa berat saat ditugasi membuat suatu pekerjaan, bisa jadi karena dia belum sepenuhnya memahami konsep tentang pekerjaan tersebut. Maka, untuk menambah pengetahuan, Anda dapat mencari tahu lebih banyak dari Internet, buku, atau dari orang lain yang lebih memahaminya. Bila memungkinkan, Anda dapat pula mengikuti kursus-kursus. Cara lainnya adalah dengan memperhatikan contoh-contoh yang ada. Dengan mengetahui lebih banyak, Anda akan lebih mudah melakukannya.


Beri Penghargaan
Bila Anda tidak mendapatkan penghargaan dari orang lain ketika Anda berhasil melaksanakan tugas yang diberikan, Anda dapat memberikan penghargaan untuk diri sendiri. Anda dapat memberi pujian untuk diri sendiri untuk target yang dicapai atau merayakan keberhasilan Anda. Tentu saja, hal ini jangan dilakukan secara berlebihan. Hindari sikap untuk membenci pekerjaan Anda karena ini akan membuat Anda semakin tertekan, merasa stres dan hasil pekerjaan tidak maksimal. Berusahalah untuk belajar mencintai pekerjaan Anda untuk hasil pekerjaan yang lebih baik. Dengan hasil pekerjaan yang baik, pekerjaan tidak menumpuk, Anda dapat memperoleh kepuasan, pujian dari atasan, promosi jabatan dan bukan tidak mungkin memperoleh gaji yang lebih baik lagi.



Tapi dari semua tips di atas yg saya utamakan adalah IKHLAS dan BERSYUKUR...Pekerjaan ini tidak mudah sy dapatkan. Perjuangannya juga sampai berdarah-darah (maksudnya otakku)...pride n comitment juga dipertaruhkan. Saya lulus dr sekian ribu orang...jadi setidaknya lakukan ini dengan ikhlas sebagai bentuk kesyukuran dan ibadah :) Have a big faith in it...OK smangat...smangat Grace !!!


Source : One For You

0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
Diberdayakan oleh Blogger.
 

Blog Template by YummyLolly.com