Jumat, 25 Maret 2011

Menahan Kantuk Dengan Porsi dan Tujuan yang Tepat !


Hidup begadang !!! mungkin kata ini sangat disukai bagi teman-teman seprofesi di bidang Engineering. Apalagi mahasiswa teknik. Cukup dimaklumi dengan tugas seabrek, penuh hitungan dan gambar. Tak heran kami-kami ini sering jadi penikmat kopi, rokok dan cemilan. Ok...ok itu memang tidak sehat, tapi bagi orang yang dituntut untuk memiliki jam terbang di kasur sangat pendek itulah hal yang paling simpel untuk dilakukan/dikonsumsi.





Saya teringat saat sedang asyik berkomen-komen ria (via FB) dengan seorang teman yang kini terlihat cukup sukses. Kala itu saya mengomentari statusnya yang kurang lebih isinya adalah bersyukur kepada Allah SWT atas keberhasilannya menyelesaikan skripsinya dan berhasil untuk mengadakan seminar hasil. Kontan saja saya langsung kaget bukan main...Secara ia adalah seorang artis yang cukup sukses dengan Film Religi yang dibintanginya sebagai karya terbaik novelis kenamaan Habiburrahman El Shirazy. Berhasil menetaskan buku yang ia tulis sendiri dan sedang menjalani stripping untuk sekuel sinetron dari film religi tersebut (sekarang nongol lagi di RCTI).

Langsung saja saya bertanya kepadanya, "Sudah selesai skiripsinya, Syil ?"

"Iya, Gha. Alhamdulillah...kamu gimana ?" tanyanya.

Dengan agak melengos sayapun menjawab..." Nih, lagi masih dikerjain, Syil. Stress abis nih, Bung."

Dalam hati saya bertanya-tanya, bagaimana orang sesibuk dia bisa menyelesaikan semua ini lebih cepat dari saya. Saya pun penasaran karena dia adalah teman yang sudah 3 kali masuk universitas, berpindah-pindah, gonta-ganti jurusan...mulai dari MIPA-Fisika ke Informatika trus ke Ekonomi...itupun dari Makassar hingga Jakarta. Nah, saya...saya ini kuliah di Makassar selama 5 tahun, jurusan pun itu-itu saja dan tidak pindah-pindah malah mandek dan stress.

"Kok cepat amat sih ?" tanyaku penasaran.

Ia pun menjawab dengan guyonannya, " Makanya, Gha...jangan terlalu banyak tidur. Toh nanti klo sudah waktunya kita akan tidur panjang tanpa ada gangguan. Dan pada akhirnya dibangunkan oleh alarm Sang Israfil. Jadi sekarang mumpung masih bisa melek, gunakan waktu untuk ikhtiar. Insya Allah sukses, Gha."

Hmmm....cukup terpekur dengan guyonan seorang A. Arsyil Rahman Putra. Mana di tambah lagi fakta ketika saya berhasil lulus S1 dan mengikuti pemeriksaan kesehatan sebuah beasiswa magister, hampir saja saya kena serangan jantung saat mengetahui berat badan saya yang bisa loncat hingga 5 kg hanya dalam waktu 1 bulan selama stress skripsi dan sidang (ujian meja). Buset...jadi yah sekarang ini saya cukup familiar dengan candaan teman-teman yang mengatakan badan saya cukup subur...hahahahahaha.....

Nah, melalui ini saya berupaya menyampaikan bahwa tidur merupakan kebutuhan karena dikategorikan sebagai saat istirahatnya tubuh kita. Namun pernahkah kita berfikir, terkadang gravitasi kasur itu sudah menjerumuskan kita dalam sebuah kelalaian.

Saya kembali terpekur saat membaca sebuah buku "Aku Bisa" karya H. Yulikuspartono,M.Kom. Saya kutipkan sedikit :

Waktu yang diberikan oleh Tuhan pada kita semua pastilah sama, tidak beda, 24 jam pas setiap hari, nggak lebih dan nggak kurang. Kembali pada manusianya, bisa nggak menghargai setiap waktu, setiap jam, setiap menit, sertiap detik yang diberikan Tuhan pada kita. Coba lihat pada diri Anda. Dalam sehari berapa jam Anda tidur ? Jawabannya, Anda membutuhkan waktu tidur kurang lebih 8 jam, atau bahkan 12 jam.

Mari kita analisis waktu tidur Anda. Kalau 12 atau 8 jam setiap harinya digunakan untuk tidur, berarti setengah atau sepertiga hidup Anda dalam sehari hanya dipakai untuk T I D U R !!! Kalau begitu kapan Anda bisa maju dan sukses ??? Pada saat anda terlelap tidur, banyak waktu dan kesempatan yang tebuang percuma, sia-sia. Waktu untuk tidur akan ada saatnya nanti pada saat ajal menjemput Anda. Kapan itu ? bisa bulan depan, bisa minggu depan, bisa besok atau bisa nanti! Kita semua masih muda, punya potensi, punya banyak waktu untuk maju. Sepanjang waktu- sepanjang hari, waktu akan terus meninggalkan Anda, waktu terus berjalan dan tidak akan pernah berhenti menunggu Anda.


Melalui ini saya juga menyadari bahwa sebenarnya untuk sukses maka saingan yang perlu ditakuti bukanlah dari golongan orang-orang yang pintar, tapi dari golangan orang-orang yang cepat , siap dan tangkas. Secara, pengertian sederhana dari "keberuntungan" yang mesti kita pahami adalah bertemunya kesempatan dengan kesiapan. Nah, ibaratnya siapa cepat dia dapat...mau pintar kayak Einstein tapi gak siap mana beruntung tapi klo orangnya biasa-bisa saja tapi sudah dengan cepat mempersiapkan diri...justru itulah yang bisa sukses dan beruntung.

Oke, menyangkut judul "Galakkan Begadang "...bukan berarti begadang sembarang begadang seperti dalam syair lagu Roma Irama. Klo gak guna yah, ngapain...ini semata-mata hanya bagi mereka yang ingin siap dan mengefektifkan waktu yang ia miliki tanpa mengesampingkan kebutuhan tubuhnya yang juga perlu istirahan, namun dalam artian...tidurlah sesuai porsi dan kebutuhan saja. Bukan hanya bekal di dunia seperti bekerja n belajar keras hingga larut malam...tapi juga bagi mereka yang ingin membekali diri dengan akhiratnya melalui "Qiamul Lail". Subhanallah.....

Back to kebanyakan tidur...saya kutipkan sedikit dari Berapa lama sebaiknya waktu kita tidur dalam sehari :

Ternyata, berbahaya tidur 8 jam semalam. Orang dewasa yang tidur 8 jam atau lebih (atau kurang dari waktu ideal) dalam semalam, meninggal dalam usia yang lebih muda daripada mereka yang tidur hanya 6 atau 7 jam dalam semalam, dan ini sudah dibuktikan oleh Profesor Daniel Kripke dari Universitas California pada tahun 2004.

Terdapat bukti bahwa gajah yang terkenal panjang umur tidur hanya 2 jam sehari, sedangkan koala yang tidurnya 20 jam sehari hanya menghabiskan hidupnya selama 10 tahun, tetapi kekurangan tidur juga membahayakan terhadap ingatan dan hilanganya IQ dan kemampuan bernalar untuk sementara.


Buat muslim saya sarankan untuk membaca Tidur Ala Rasulullah





Masih mau kebanyakan tidur ??? maka seimbangkanlah waktu tidur Anda.

0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
Diberdayakan oleh Blogger.
 

Blog Template by YummyLolly.com